Jenis Spare Part atau Suku Cadang



Spare part truk/suku cadang truk seperti sistem pengapian, kopling, transmisi, chasis, pelumasan dan body truk sangat perlu diketahui agar memudahkan jika kenapa-napa. Suku cadang mempunyai banyak sekali jenis dan bentuk serta fungsi berbeda yang kesemuanya bertujuan untuk mendukung sistem kerja truk.

Secara umum spare part atau suku cadang truk bisa dikelompokkan dalam beberapa jenis seperti berikut ini.

1. Periodical parts

Merupakan suku cadang yang secara berkala dilakukan pergantian walaupun suku cadang tersebut dianggap tidak bermasalah atau mengalami kerusakan. Misalnya saringan oli (oil filter) yang wajib dilakukan pergantian setiap 2.000 Km atau 250 hour meter (HM).

2. Consumable parts – general

Adalah spare part yang habis masa pemakaiannya sebab :
  • Terjadi keausan yang dikarenakan oleh pergesekan dengan benda lain, misalnya sepatu rem (lining brake), bantalan (bearing), sikat arang (carbon brush), kopling (clutch) dan lainnya.
  • Terjadi kerusakan yang disebabkan karena menangung beban kerja, misalnya Torque Rod/ Rubber Bushing, Leaf Spring, Engine Mountung, Shock Breaker dan lainnya.
  • Terjadi keausan serta pengerasan pada spare part tersebut dikarenakan umur serta suhu panas, misalnya oil seal, V-belt, hose, O-ring dan lainnya.
  • Terjadi hubungan pendek maupun putus pada spare part yang berhubungan dengan listrik disebabkan masa pakainya serta kelelahan pada bahan material, misalnya fuse, lamp, switch, relay, batere (accu) dan lainnya.

3. Consumable – GET (Ground Engaging Tool)

Biasanya spare part ini ada pada alat berat yakni spare part yang habis terpakai disebabkan oleh terjadinya gesekan dengan pasir, tanah dan batu dan menyebabkan keasuan. Misalnya, Point Ripper, Tooth Bucket, End Bit, Cutting Edge, Protector dan sebagainya.

4. Consumable – undercarriage

Merupakan spare part yang habis terpakai disebabkan truk atau alat berat dioperasikan dan menyebabkan keausan, misalnya Track Link, Tyere (ban), Idler, Track Roller dan sebagainya.

5. Minor repair

Merupakan spare part yang dbutuhkan untuk melakukan perbaikan yang disebabkan oleh terjadinya kerusakan kecil akibat suatu kecelakaan.

6. Major repair

Merupakan spare part yang dibutukan untuk melakukan perbaikan akibat kerusakan besar yang terjadi karena suatu accident.

7. Component Overhaul/ Recondition

Merupakan spare part yang dibutuhkan untuk memperbaiki komponen saja (contohnya transmission, engine, rear axle, final drive dll) untuk mengembalikan performance dan fungsi.

8. General Overhaul

Merupakan spare part yang dibutuhkan untuk memperbaiki seluruh komponen atau bagian yang ada pada truk atau alat berat, supaya mengembalikan performance dan fungsi. Biasanya ini dilakukan apabila truk atau alat berat sudah sangat rendah performance dan fungsi truk rencana dijual.

Nah, itulah beberapa spare part atau suku cadang truk yang sebaiknya anda ketahui terutama bagi anda pemilik kendaraan alat berat.

Posting Komentar

0 Komentar