5 Tips Aman Naik Pesawat saat Pandemi


Saat pandemi Covid-19 merebak di Indonesia, beberapa bandara seperti Bandara Ngurah Rai di Bali, mengalami perubahan. Bagi Anda yang terpaksa ke Bali dari Jakarta, Anda sebaiknya membeli tiket pesawat Jakarta Bali dan melakukan check in mandiri secara online. Cara ini dapat mengurangi kontak fisik dengan orang lain karena tidak perlu mengantri.
 

Naik Pesawat saat Pandemi

Pada saat hari keberangkatan tiba, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk menjaga keamanan diri sendiri dan juga orang lain, yaitu:
 

1. Datang Ke Bandara Lebih Awal

Salah satu aturan baru untuk penerbangan adalah datang ke bandara lebih awal yaitu sekitar empat jam sebelum pesawat berangkat. Aturan ini diterapkan agar petugas bandara dapat memeriksa Anda dengan lebih detail.
 
Anda akan melewati setidaknya beberapa pengecekan seperti pemeriksaan kesehatan dan verifikasi dokumen penerbangan. Selain itu, Anda juga harus melewati screening suhu tubuh dan pengecekkan dengan thermo gun.
 
Dengan demikian, cek kembali jam terbang Anda sehingga dapat memperkirakan kapan akan berangkat ke bandara. Jangan sampai Anda melewatkan jadwal karena akan menyebabkan keterlambatan atau bahkan tertinggal pesawat.
 

2. Ikuti Aturan dan Protokol dengan Ketat

Salah satu perbedaan lagi yang ditemui di bandara ketika pandemi adalah penerapan aturan dan protokol kesehatan. Anda sebaiknya awas dan memperhatikan dengan seksama mengenai aturan dan protokol ini.
 
Sebelum mendapatkan tiket pesawat Jakarta Bali, lakukanlah tes kesehatan sebagai salah satu syarat masuk bandara. Usahakan Anda memilih tes PCR karena lebih akurat dapat mendeteksi virus corona.
 
Apabila terpaksa hanya menggunakan rapid tes, Anda sebaiknya memperketat protokol dengan cara selalu menggunakan masker, cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelah menyentuh permukaan yang sering terpapar orang lain, menggunakan face shield dan topi, selalu lap permukaan seperti meja dengan tisu basah, serta menjaga jarak dua meter dari orang lain.
 
Jangan duduk di tempat yang banyak orang. Pilihlah tempat duduk di bandara yang sepi. Bawalah cadangan masker selama perjalanan karena masker kain maupun surgical mask harus diganti selama empat jam sekali.
 

3. Membawa Bekal

Anda dapat membawa bekal sendiri dari rumah untuk menghindari kerumunan di restoran atau café bandara. Apabila tidak sempat membawa bekal, Anda dapat membeli makanan atau minuman secara take away dan menyantapnya di tempat yang lebih sepi daripada restoran atau café. Dengan demikian, Anda dapat melindungi diri maupun orang lain dari risiko tertular virus corona.
 

4. Aktifkan Aplikasi PeduliLindungi

Selama bepergian, Anda disarankan untuk mengaktifkan aplikasi PeduliLindungi dari pemerintah. Aplikasi ini dapat memberikan peringatan pada Anda tempat yang tidak aman karena pernah atau sedang ada kasus Covid-19.
 
Aplikasi ini dapat melakukan tracking selama kurang lebih 14 hari atau dua pekan ke belakang.
Selalu aktifkan aplikasi PeduliLindungi selama perjalanan dan ketika Anda tiba di Bali agar Anda mengetahui status suatu tempat. Pada aplikasi ini, akan ada peringatan apa yang harus dilakukan saat berada di zona merah.
 
Selain itu, Anda dapat pula melakukan tracking mandiri dengan mencatat ke mana saja Anda sudah singgah dan melakukan hal apa saja. Tuliskan pada notes telepon seluler Anda atau pada buku catatan kecil. Anda dapat menutup aplikasi apabila sudah mulai boarding.
 

5. Menyewa Kendaraan atau Pilih Penginapan dengan Fasilitas Transportasi

Tips selanjutnya agar aman selama perjalanan di Bali adalah menyewa kendaraan seperti mobil atau motor. Sebisa mungkin hindarilah alat transportasi umum untuk menekan risiko penularan virus. Anda dapat menyewa motor sebelum berangkat ke Bali agar dapat cepat menggunakannya.
 
Selain menyewa kendaraan, Anda dapat memilih penginapan atau hotel yang memiliki fasilitas transportasi antar jemput ke Bandara. Dengan demikian, Anda tidak perlu berdesakan di angkutan umum.
 
Bila perlu, catatlah apa yang harus digunakan atau dibawa untuk perlengkapan diri. Setelah mendapat tiket pesawat Jakarta Bali, Anda sebaiknya segera mempersiapkan apa saja yang perlu dibawa dan rajinlah melihat website bandara untuk penjelasan lebih runut.

Posting Komentar

0 Komentar