Cara Merawat Busi Motor yang Benar

Cara-Merawat-Busi-Motor-yang-Benar
Foto dari Canva Photos Unlimited
Busi adalah suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran yang berujung elektrode pada ruang bakar. Busi ini fungsinya untuk membakar bensin yang dikompres piston. Pada kendaraan bermotor, busi harus selalu diganti sesuai pemakaian. Cara merawat busi motor ini pun harus telaten dan dengan cara yang benar. Berikut ini ada beberapa cara dalam merawat busi dengan benar yang perlu Anda ketahui. 

1. Cek Ketebalan Kerak Pada Busi 

Merawat busi harus diperhatikan keraknya. Caranya jika kerak hitam sudah tebal di bagian kepala busi, maka perlu dibersihkan. Karena keadaan ini adalah awal kendaraan Anda bermasalah. Ketika keraknya tebal, daya tahan busi akan menurun dan membuat percikan api tidak menyala sempurna. 

2. Ganti Busi Sesuai Pemakaian 

Busi motor memiliki sensitivitas yang tinggi. Maka, ketika kendaraan sering penempuh perjalanan jauh, gantilah busi sesering mungkin. Jangka penggantian dianjurkan setiap 6000 kilometer. Selain itu, perhatikan bentuk fisik busi. Jika elektrode bagian busi mengalami erosi, maka busi harus segera diganti. Selain itu, pada penggunaan motor yang normal, bersihkan kepala busi setiap 100 sampai 500 kilometer agar kinerja pengapiannya terjaga. 

3. Hindari Membersihkan Karbon Dengan Sikat Kawat 

Cara merawat busi motor yang benar adalah jangan membersihkan karbon dengan sikat kawat. Cara ini dapat merusak elektroda yang membuatnya bisa retak atau patah. Sebaiknya gunakan sikat nilon, sikat gigi atau sikat yang terbuat dari ijuk saat membersihkan kepala busi. Namun, ketika busi elektrodanya sudah rusak maka harus segera diganti, agar tidak terjadi kendala pada mesin motor. 

4. Cek Kerapatan Busi 

Perawatan pada busi salah satunya adalah dengan mengecek kerapatan pada busi. Pengecekan ini dapat dilakukan saat ganti oli atau disesuaikan dengan rekomendasi bengkel saat service motor. 

Nah, itu tadi cara merawat busi motor yang benar. Anda bisa mencoba cara ini agar motor Anda tetap terjaga mesinnya. Cara ini juga menjadi salah satu langkah perawatan yang tepat sebelum membawa motor Anda ke bengkel. 

Posting Komentar

0 Komentar