Sebelum Terlambat, Kenali 7 Ciri Motor Butuh Diservis ini!


Kamu mungkin sering menerima berita motor mogok yang dialami oleh seseorang. Mengalami motor mogok dan tidak mau dinyalakan ketika sedang dipakai memang tidak mengenakkan. Padahal, kejadian ini bisa dihindari jika kita mau membawa motor ke bengkel untuk diservis secara rutin. 

Servis motor ke bengkel sebaiknya tidak hanya ketika terjadi kerusakan. Kalau kamu servis motor, pihak bengkel akan memberikan rekomendasi waktu untuk kembali servis. Hal ini bertujuan untuk mengecek kondisi motor, apakah masih bagus atau sudah mulai ada kerusakan. 

Sayangnya, tidak semua orang mematuhi anjuran tersebut. Banyak orang yang baru membawa motor mereka dalam kondisi mati dan sudah banyak kerusakan. Kalau sudah begini, kamu harus mengeluarkan uang yang lebih banyak karena terlalu banyak komponen yang harus dibetulkan. 

7 Ciri Motor Butuh Diservis 

Motor yang butuh diservis menunjukkan tanda-tanda tertentu. Kalau motor kamu sudah mulai menunjukkan tanda-tanda di bawah ini, berarti kamu harus segera membawanya ke bengkel resmi terdekat. 

1. Sudah menempuh jarak 2000 kilometer 

Setiap motor telah mencapai jarak 2000 kilometer, kamu disarankan untuk melakukan servis motor. Tentunya akan lebih baik jika kamu melakukannya sebelum motor mencapai jarak tersebut. Jadi, ketika motormu sudah hampir mencapai 2000 km, sebaiknya segera bawa motor kamu untuk diservis. 

2. Susah menyala di pagi hari 

Pagi hari, sebelum digunakan, motor butuh dipanasi terlebih dahulu. Kalau motor kamu susah dinyalakan padahal kamu sudah berjuang sekuat tenaga untuk menyalakannya, berarti kamu tidak boleh menunggu sampai besok untuk membawanya ke bengkel. 

3. Motor tidak bisa dalam kondisi stasioner 

Motor yang sehat, gasnya tidak akan mati ketika dilepas. Kalau motor kamu tidak bisa dalam kondisi stasioner, ini adalah suatu pertanda kalau motor kamu butuh diservis. Mendapatkan berita motor kamu harus diservis ini mungkin tidak mengenakkan bagi kamu. Namun bukankah akan lebih tidak mengenakkan kalau kamu mengendarai motor yang sudah tidak sehat, kan? 

4. Mulai muncul suara yang berisik 

Suara motor yang lebih berisik dan tidak seperti biasanya juga bisa menjadi pertanda motor kamu butuh diservis. Suara berisik ini biasanya berasal dari bagian mesin yang sudah aus. Kalau tidak diganti, motor kamu bisa saja mengalami kerusakan yang lebih parah. 

5. Tarikan motor terasa berat 

Jika tarikan motor kamu sudah terasa berat, itu tandanya motor kamu butuh diservis. Tarikan yang berat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah oli yang jarang diganti. Biasanya, tarikan motor akan terasa enteng ketika giginya dipindahkan. 

Namun tidak demikian jika motor kamu sudah tidak sehat. Ganti gigi sampai ke gigi 3 atau 4 pun tarikannya tidak seenteng biasanya. Juga, motor tidak bisa dipacu secara maksimal. 

6. Body motor bergetar 

Tanda motor mulai mengalami kerusakan selanjutnya adalah body motor bergetar dengan tidak normal. Tanda ini muncul disebabkan oleh adanya gangguan pada bagian karburator. Kalau kamu bisa membetulkannya sendiri, kamu tidak perlu membawanya ke bengkel untuk diservis. Namun jika kamu tidak memiliki keterampilan otomotif, sebaiknya segera bawa ke bengkel terdekat. 

7. Knalpot mengeluarkan asap 

Motor yang normal knalpotnya tidak mengeluarkan. Kalau knalpot motor kamu sudah mulai mengeluarkan asap, berarti motor kamu sudah mulai tidak normal sehingga butuh dibawa ke bengkel untuk diperbaiki. 

Itulah 7 ciri-ciri motor yang perlu dibawa ke bengkel untuk diservis. Berita motor mogok seringkali kita dengar, tapi tentunya kita tidak mau menjadi salah satu orang yang mengalaminya. Daripada mendapati motor kamu mogok di jalan dan tidak dapat dinyalakan kembali, lebih baik segera bawa ke bengkel untuk diperbaiki sebelum kerusakannya semakin parah.

Posting Komentar

0 Komentar