Tanda-Tana AC Mobil Anda Perlu Diservice

Tanda-Tana-AC-Mobil-Anda-Perlu-Diservice

Mengendarai mobil pada cuaca yang panas tanpa menggunakan pendingin atau air conditioner (AC) akibat kerusakan AC pasti jadi hal yang tidak menyenangkan. Nah, kerusakan AC ini bisa terjadi karena beberapa alasan. Sebelum Anda memutuskan untuk mengeluarkan biaya perbaikan di tempat servis, berikut beberapa ciri yang bisa Anda kenali untuk mengetahui penyebab kerusakan AC mobil tidak dingin

TIDAK ADA UDARA 

Peringatan yang paling mudah dikenali adanya kerusakan pada AC mobil Anda adalah tidak adanya udara dingin yang keluar. Jika Anda menyalakan mesin mobil Anda, dan tidak merasakan udara yang keluar sama sekali atau justru terasa hangat bahkan panas, hal tersebut menandakan bahwa terdapat kerusakan pada system HVAC (heating, ventilation and air-conditioning) mobil Anda. 

Penyebab terjadinya hal ini karena beberapa hal. Kemungkinan pertamanya adalah kehabisan bahan pendingin pada mobil Anda atau kemungkinan lainnya adalah kerusakan pada kipas. Bahkan kemungkinan yang lebih sederhana lagi bahwa ventilasi pada AC Anda tertutupi oleh kotoran dari luar. 

DENGARKAN SUARA AC 

Jika Anda menemukan suara yang aneh saat menyalakan AC mobil, hal tersebut bisa dijadikan sebagai pertanda bahwa adanya kerusakan AC. Suara dapat mengidentifikasikan masalah yang terjadi pada kompresor Anda sehingga membutuhkan perbaikan atau diganti dengan kompresor yang baru. 

AROMA DARI AC 

Ketika Anda menyalakan AC dan lalu tercium aroma yang tidak biasa bahkan tidak sedap, dipastikan terjadi suatu permasalahan pada AC mobil Anda. Aroma tidak sedap ini bisa menjadi pertanda peringatan adanya pertumbuhan jamur di unit AC Anda. Aroma seperti ini harus segera mendapatkan perawatan, karena keberadaan jamur tersebut dapat menyebabkan masalah pernapasan dan masalah kesehatan lainnya. 

MUNCUL AIR YANG MENETES 

Setelah Anda mengaktifkan AC untuk sementara, kemudian Anda melihat adanya tetesan air pada bagian bawah mobil Anda, itu adalah hal yang normal, bahkan bagus. Namun, ketika Anda menemukan tetesan Air tersebut berada di dalam bagian mobil, itulah pertanda bahwa ada sesuatu yang tidak beres. 

Terkadang apabila terdapat sebuah sumbatan atau kerusakan pada saluran AC bagian bawah mobil Anda, air tersebut akan mengalir ke bagian atas saluran AC Anda. Keadaan seperti itulah yang menjadi penyebab mengapa terdapat air menetes di dalam bagian mobil Anda. Air ini biasanya muncul tepat di sekitar bawah dashboard dan dekat dengan karpet mobil Anda. Jika hal ini terjadi, segeralah bawa mobil Anda ke bengkel terpercaya. 

Itulah beberapa tanda peringatan kerusakan yang umum terjadi ketika AC pada mobil Anda bermasalah. Sebelum memulai mengenali penyebab rusaknya AC, pastikan bahwa mobil Anda berada pada posisi mesin yang hidup. Selama mesin menyala, posisikan perseneling Anda pada posisi parkir dan juga rem tangan, sehingga Anda bisa memeriksa AC mobil Anda dengan aman. Jika ragu untuk mengecek sendiri, Anda dapat membawanya ke tempat service AC mobil terdekat. 

Berbicara soal AC, Nissan Evalia hadir dengan memberikan kenyamanan maksimal bagi setiap anggota keluarga dan barang bawaan. Salah satu fitur tambahan menarik yang terdapat pada Nissan Evalia adalah fasilitas rear cooler, yakni fitur tambahan pengaturan AC untuk penumpang kursi belakang. Dengan begitu, perjalanan keluarga akan tetap nyaman berkat keberadaan AC yang bekerja dengan baik.

Posting Komentar

0 Komentar