Kamu Mesti Tau Beberapa Hal Kebiasaan Orang Jepang Sebelum Travelling Kesana


Seperti yang kita ketahui, Jepang adalah negara yang benar-benar mengutamakan tata krama. Bila kamu merencanakan untuk bertandang ke Jepang, sebaiknya pelajari tata krama yang berlaku dari sana. Hal itu ditujukan agar kamu tahu apa yang bisa serta tidak bisa dikerjakan waktu ada di Jepang. 

Tips ini akan bermanfaat untuk membantumu menyesuaikan disana. Nah, tersebut ada 6 tata krama di Jepang yang perlu kamu tahu waktu bertandang ke Jepang. Yakinkan jika kamu tidak melanggarnya ya! 

1. Jangan menempatkan sumpit dengan vertikal dengan mangkok waktu makan 

Seperti yang kita tahu, orang Jepang mempunyai rutinitas makan memakai sumpit. Tetapi nyatanya, makan dengan sumpit ada juga tata kramanya lho! Saat makan, jangan pernah menempatkan sumpit dengan vertikal dalam mangkok. Letak sumpit yang vertikal dengan mangkok mirip ritual di pemakaman. 

Kamu bisa menempatkan sumpit itu di samping piring. Diluar itu, jauhi juga menggosok-gosokkan sumpit itu dengan bertepatan, sebab rutinitas itu dipandang seperti hal yang tidak sopan di Jepang. 

2. Tidak tinggalkan uang panduan 

Rutinitas satu ini memang berlainan seperti di Indonesia atau negara Barat, orang Jepang tidak senang jika dikasih panduan. Tinggalkan panduan dapat dipandang seperti satu penghinaan. Oleh karenanya, saat kamu memberi beberapa lembar atau koin di restoran atau lain tempat, karena itu selekasnya mungkin mereka akan kembalikan uangmu itu. 

3. Melepas alas kaki setiap kali masuk ke ruang 

Bukan sekedar di drama atau film saja, nyatanya warga Jepang mempunyai rutinitas untuk melepas alas kakinya saat akan masuk ke ruang. Rutinitas ini bukan sekedar berlaku di rumah, dan juga di beberapa tempat, seperti tempat beribadah, sekolah, hotel serta beberapa tempat yang lain. 

Tetapi umumnya akan disiapkan alas kaki spesial yang dapat digunakan saat di ruang. Warga Jepang memandang bila sepatu yang dipakai di luar tidak bersih hingga harus ditukar saat masuk rumah. 

4. Memberikan serta terima suatu dengan ke-2 tangan 

Bukan sekedar di Korea, nyatanya rutinitas ini diyakini oleh warga Jepang. Saat memberikan atau terima suatu dari orang, kamu harus memakai ke-2 tanganmu. 

Terima atau memberikan susuatu dengan ke-2 tangan ialah ara menghormati suatu di Jepang. Bahkan juga untuk terima atau memberikan suatu yang kecil seperti kartu nama juga harus memakai ke-2 tangan! 

5. Tidak makan sekalian jalan 

Biasanya orang Jepang tidak makan sekalian jalan. Jika juga mereka singgah ke stan makanan cepat saji di jalanan, maka dikonsumsi waktu itu sekalian berdiri. Sesaat minuman yang dibeli dari banyak mesin penjual automatis yang ada dalam tempat umum langsung juga dikonsumsi disana. 

Diluar itu, mereka menghindarkan minum dan makan di angkutan umum sebab dipandang seperti satu tindakan yang tidak sopan, terkecuali untuk perjalanan jarak jauh. Jadi jika kamu ingin makan sekalian jalan, harus mikir 2x nih! 

6. Tidak memonopoli perbincangan 

Kamu type orang yang menyukai memangkas perbincangan orang? Jika iya, karena itu kamu harus hentikan kebiasaanmu itu. Di Jepang, pengaturan diri adalah norma dalam pembicaraan. 

Waktu bicara dengan orang asing atau orang yang belum begitu akrab, semestinya tidak memonopoli perbincangan serta memberi peluang kepadanya untuk bicara. Diluar itu, disarankan menjadi pendengar yang baik serta tidak memangkas perbincangan orang. 

Itu 6 tata krama yang perlu kamu taati waktu bertandang ke Jepang. Kamu tentu saja tidak ingin dipandang tidak sopan kan? oleh karenanya, jangan pernah melanggar ya!

Posting Komentar

0 Komentar